Minggu, 08 Januari 2017

Manfaat Bermain Drum Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik

Jika kamu penyuka musik kamu pasti paham bahwa drum itu lebih dari sekedar alat musik. Karena instrumen perkusi ini telah menjadi bagian dari terapi musik sejak lama. Berikut ulasan lengkapnya Manfaat Bermain Drum Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik
 
Tapi sebelumnya Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan barang 100% asli bukan barang tiruan, karena kami merupakan agen resmi Green World Global. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kali ini kami akan membahas informasi mengenai Manfaat Bermain Drum Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik

manfaat bermain drum terhadap kesehatan mental dan fisik

Manfaat Bermain Drum Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik | Bermain drum ternyata tidak hanya menjadi sarana penyalur kegemaran semata. Tetapi tahukah anda bahwa bermain drum ternyata bisa membantu pengobatan berbagai penyakit, seperti multiple sklerosis, parkinson, stroke, penyakit mental, migrain dan sebagainya. 

Berikut manfaat main drum pada kesehatan

  • Menurunkan kecemasan dan stress
Bermanin drum ternyata bisa menjadi sarana untuk berelaksasi dan menenangkan diri. Selain itu bermain drum juga dapat menurunkan tekanan darah serta menurunkan tingkat stress. Stress adalah masalah yang muncul pada mental yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit degeneratif. Hasil dari sebuah studi menunjukan bahwa dengan bermain drum, dapat menurunkan tingkat stress pada pekerja industri dari kelompok yang tidak bermain drum.
  • membantu mengontrol penyakit kronis
Penyakit kronis yang dialami oleh sebagian besar orang, tentunya akan membuat kualitas hidup mereka menurun. Beberapa peneliti bahkan memberikan saran pada penderita penyakit kronis untuk bermain drum di sela-sela waktu senggang mereka. Karena dengan melakukan aktivitas ini, rasa sedih, sakit dan kegelisahan dapat berkurang.
Terlebih lagi, bermain drum juga terbukti dapat meningkatkan zat endorfin dan opiat di dalam tubuh. Kedua zat ini tergolong dalam kelompok neurotransmitter, yaitu zat yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya. Endorfin dan opiat akan secara otomatis terbentuk jika tubuh merasa stres atau tertekan dan bekerja seperti obat penghilang rasa sakit di dalam tubuh. Dengan menghasilkan zat neurotransmitter ini, tubuh merespon rasa stres yang sedang terjadi.  
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan, menyatakan bahwa kelompok orang yang sering bermain drum memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dnegan kelompok yang tidak memainkan drum. Dalam penelitian ini diketahui juga bahwa bermain drum terbukti dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan sel kanker dan virus HIV/AIDS.
  • Bermain drum bisa membuat otak bekerja dengan baik dan lebih aktif
Jika Anda memainkan drum, ritme yang dihasilkan dari alat musik ini tentu saja ritme yang keras, tidak lembut seperti piano atau biola. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ritme yang keras ini justru membuat otak bekerja lebih baik. Ritme keras yang dihasilkan drum bisa menembus seluruh bagian otak. Hal ini membuat semua bagian otak, entah itu bagian yang mengatur penglihatan, kemampuan berbicara, atau kemampuan mendengar, terhubung dan terkoordinasi dengan baik.
Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Colorado State University’s Center for Biomedical Research in Music menyatakan bahwa ritme yang dihasilkan oleh alat musik drum ini dapat membantu pemulihan otak dan sistem saraf pada pasien stroke, parkinson, atau gangguan sistem saraf lainnya.
  • Sebagai alat terapi di bawah alam sadar
Ritme drum yang keras dipercaya dapat menjadi sarana terapi untuk membantu berbagai penyakit mental. Penelitian yang dilakukan oleh Barry Quin Ph.D, menemukan bahwa memainkan drum dalam waktu yang sebentar saja bisa mengubah gelombang otak, dari gelombang beta menjadi gelombang alpha. Gelombang beta akan terjadi ketika Anda merasa tertekan dan berbicara dengan sangat cepat, sementara gelombang alpha adalah gelombang yang dihasilkan ketika tubuh merasa tenang, rileks, dan nyaman. Oleh karena itu, para peneliti menganggap bahwa ritme drum bisa dijadikan sebagai terapi yang dapat mempengaruhi kondisi pikiran.
  • Menghilangkan rasa negatif, emosi, serta perasaan buruk lainnya
Dengan memainkan drum, maka seseorang dapat menyalurkan emosi serta perasaannya melalui drum tersebut. perasaan dan emosi yang terpendam bisa mengakibatkan tersumbatnya ‘energi’ di dalam tubuh. Bermain drum adalah salah satu cara untuk menghapus penyumbatan dan membuat emosi menjadi lepas. Selain itu, getaran udara yang dihasilkan dari bermain drum juga menggema di dalam setiap sel tubuh dan membuat kenangan buruk terlepas.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel yang kami tulis mengenai Manfaat Bermain Drum Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua. 

Manfaat Bermain Drum Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik

0 komentar:

Poskan Komentar