Jumat, 01 Desember 2017

Kondisi Yang Memperbolehkan Anda Tidak Olahraga Dulu

Olahraga memang sesuatu yang penting untuk dilakukan. Anda pun sebaiknya melauangkan waktu anda untuk berolahraga. Namun ada beberapa kondisi yang sebaiknya tidak anda isi dengan kegiatan berolahraga. Inilah Kondisi Yang Memperbolehkan Anda Tidak Olahraga Dulu

https://obatgangguansistemperedarandarah.blogspot.com/2017/12/kondisi-yang-memperbolehkan-anda-tidak.html

Kondisi Yang Memperbolehkan Anda Tidak Olahraga Dulu | Anda pasti sudah mengetahui dengan baik manfaat dari olahraga. Selain menyehatkan dan menjaga bentuk badan, olahraga juga dapat melepaskan stres sehingga baik untuk jiwa dan raga. Meski begitu, ada saat-saat dimana olahraga boleh dilewatkan. Misalnya saja ketika tengah sakit atau mengalami celaka karena akan menyebabkan kondisinya bertambah parah. Selain itu, berikut kondisi dimana anda bisa tidak berolahraga dulu :
  • Demam
Jangan berolahraga jika Anda merasa tak enak badan, bahkan jika hanya demam sekalipun. Demam terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang bekerja keras melawan infeksi. Sementara itu, olahraga juga dapat memberikan tekanan yang lebih banyak pada sistem imun. Ini sebabnya, berolahraga ketika demam justru akan memperburuk penyakit Anda.

Berolahraga ketika demam juga seringnya jadi penyebab utama cedera, karena dalam kondisi ini Anda jadi lebih sulit berkonsentrasi.
  • Pilek dan flu
Selain demam, Anda juga tidak disarankan untuk berolahraga ketika sedang pilek dan flu. Dalam keadaan normal, olahraga memang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, namun keadaan berbalik saat Anda sedang pilek atau flu. Pasalnya, olahraga justru akan membuat tubuh Anda jadi semakin lemah sehingga sulit untuk pulih. Terlebih jika flu yang Anda alami juga disertai demam, kondisi Anda jelas akan makin buruk jika ditambah dengan berolahraga.
  • Asma
Jika serangan asma disebabkan oleh infeksi pernapasan, sebaiknya Anda tidak olahraga dulu selama beberapa hari dan periksa ke dokter jika gejala terus berlangsung. Jika dokter melihat asma Anda sudah mulai dapat dikendalikan dengan baik, maka barulah Anda boleh olahraga.

Namun, jangan langsung melakukan olahraga yang berintensitas tinggi. Ada baiknya Anda memulai olahraga secara perlahan dengan melakukan pemanasan selama 10 menit. Segera hentikan olahraga jika Anda tidak dapat mengatur napas atau merasa lelah dan lemah. Yang terpenting, selalu bawa inhaler atau obat lainnya untuk berjaga-jaga apabila asma Anda kambuh sewaktu-waktu.

  • Cedera lama yang kumat kembali
Apabila cedera lama Anda tiba-tiba kambuh lagi, Anda harus segera menunda olahraga dan temui dokter. Pasalnya, gangguan ini biasanya bukan pertanda baik, terutama jika rasa sakit terus dialami selama Anda beraktivitas. Dalam banyak kasus, nyeri yang muncul tiba-tiba memerlukan perhatian medis dengan segera, terlebih bila sumber nyeri berada di tempat yang memang sebelumnya pernah mengalami cedera.
  • Kurang tidur dan kelelahan 
Jika semalam Anda sudah tidak tidur cukup, atau bahkan sudah tidak tidur dua-tiga hari ke belakang karena mengejar proyek kantor, Anda tidak boleh olahraga dulu sekarang. Tubuh yang sudah stres dan kelelahan akan makin nge-drop ketika diajak berolahraga. Istirahatlah sejenak sebelum mulai rutinitas gym Anda kembali.

Jika perlu, temui dokter dulu. Pasalnya, kelelahan yang ekstrem bisa jadi pertanda adanya sebuah penyakit.
  • Hamil
Tanyakan kepada dokter mengenai program olahraga yang aman dilakukan saat hamil. Yoga, berenang, berjalan, dan olahraga intensitas rendah dapat sangat bermanfaat selama kehamilan. Pastikan untuk tetap mencukupi asupan air, istirahat yang cukup, dan hindari panas. Hindari olahraga yang menekan punggung dan perut.
  • Keadaan lainnya
Selain hamil, Anda juga tidak boleh olahraga apabila Anda baru saja menjalani operasi atau cedera berat. Dalam keadaan tersebut, tubuh Anda butuh waktu untuk pulih. Sedangkan melakukan olahraga justru akan memberikan tekanan pada tubuh yang pada akhirnya bisa memperburuk kondisi Anda.

Tidak hanya itu, beberapa orang yang memiliki penyakit kronis juga tidak disarankan untuk berolahraga. Namun jika ingin tetap melakukan olahraga, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter agar mendapatkan pilihan jenis olahraga yang tepat sesuai dengan keadaan Anda.

Kondisi Yang Memperbolehkan Anda Tidak Olahraga Dulu

0 komentar:

Posting Komentar